Minggu, 18 Mei 2014

MATERI PRAKTEK NOTULEN RAPAT UNTUK KELAS PETANG POLITAMA



 STUDI KASUS MATERI PRAKTEK NOTULEN RAPAT

Anda sebagai staff administrasi pada perusahaan PT Mitra Sejati Tour and Travel  bergerak dibidang biro perjalanan, Beralamat di Jl. Pandanaran no 311, Semarang, Telp (024) 811151, fax (0271) 811152, email : sabatour@gmail.com pimpinan perusahaan Bapak Bima Wicaksono, SE.,MM. Salah satu tugas anda adalah membuat notulen rapat disetiap ada rapat dengan pimpinan anda.  Berikut adalah materi  rapat :

Rapat bulanan tentang marketing PT Saba Raya Tour and Travel  
Rapat diselenggarakan pada hari Sabtu , 18 Mei 2011, di R. Rapat , Jam 8.00 WIB  dengan dihadiri oleh
           
  1. Bp Bima Wicaksono, SE.,MM
  2. Sdr Bambang Guritno ( Manajer Marketing area Indonesia Bagian Barat)
  3. Sdr Guntur Wicaksono ( Manager marketing area Indodesia Bagian Tengah dan Timur
  4. Sdri Intan Laksita ( Manager marketing Lintas Negara)
  5. Sdri Monica (Bendahara Perusahaan)
  6.  staf marketing masing-masing  Deonita dan Bagus Kuncoro dan anda sendiri sebagai notulis

Agenda Rapat :
  1. Laporan Masing-masing manager area
  2. Pengembangan Metode pemasaran produk jasa wisata
  3. Lain-lain


Rapat dibuka oleh  pimpinan Bp Bima Wicaksono, SE.,MM intinya mengucapkan terimakasih atas kehadiran para peserta dan menyampaikan tentang tujuan diadakannya rapat marketing pada hari tersebut

Selanjutnya Bapak Bima Wicaksono menyampaikan pandangan umum tentang kemajuan dunia industri pariwisata yang tidak lepas dari kiprah bidang usaha  jasa tour and travel, seiring dengan kemajuan dibidang industri pariwisata, Saba Raya Tour and travel berencaana untuk mengembangkan cabang-cabang baru dibeberapa kota wisata di Indonesia dan menjajagi untuk membuka kerjasama dengan beberapa negara di Asia dan Eropa. Bp Bima Wicaksno juga menyampaikan bahwa dari hasil lawatannya ke Bali beberapa hari yang  lalu untuk  melakukan kerjasama dan penandatangan MOU dengan beberapa klien di Bali dan Lombok  mendapatkan respon yang positif, untuk itu rencana kedepan akan segera melakukan promo wisata.  Pada kesempatan rapat kali ini Bapak Bima Wicaksono menekankan untuk segera membentuk tim marketing dan metode untuk promo wista tersebut terutama untuk menghadapi masa liburan bulan juni sampai juli dan liburan akhir tahun.

Guntur Wicaksono selaku marketing di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur melaporkan bahwa animo masyarakat untuk menggunakan jasa tour and travel  Saba Raya semakin meningkat terutama untu paket liburan sekolah. Hal ini bisa dilihat dari database marketing bahwa sudah ada 175 sekolah tingkat SMP dan SMK , serta untuk wisatawan domestik dan asing juga semakin meningkat dari 15 % meningkat menjadi 25 % wisatawan yang menggunakan jasa wisata Saba Raya.

Bambang Wicaksono selaku manager area Indonesia bagian barat juga melaporkan perkembangan yang cukup significant dengan animo masyarakat  khususnya untuk paket wisata liburan sekolah dan paket liburan keluarga yang  juga meningkat hampir 30 % dibandingkan tahun sebelumnya, hal ini disebabkan karena kebutuhan masyarakat untuk berwisata juga semakin meningkat.

Sementara Intan Laksita selaku manager marketing lintas negara juga melaporkan kondisi wisatawan indonesia yang  mulai meminati wisata ke luar negeri semakin meningkat tajam dengan adanya promo-promo dari jasa penerbangan sehingga sangat mendukung untuk melakukan perjalanan wisata ke luar negeri terutama ke negara Singapura, Malaysia,Australia, dan Cina.

Pada kesempatan tersebut Bapak Bima Wicaksono meminta kepada masing-masing manager marketing untuk memberikan rencana kerja terutama berkaitan dengan pengembangan promo  wisata tour and travel Mitra Sejati.  Monica selaku bendahara melaporkan kondisi anggaran untuk marketing tahun 2011 masih sekitar 65 % untuk digunakan sebagi kelanjutan dari promosi di awal tahun kemarin.

Guntur Wicaksono menyampaikan bahwa dia beserta staff  marketingnya akan melakukan promo wisata bekerjasama dengan beberapa event organiser yang menyelenggarakan program MICE di beberapa tempat di Bali, Lombok, Maluku, Makasar dan Papua. Deonita sebagai staff marketing
Juga menyampaikan bahwa dia juga telah memrogramkan  acara promo dengan acara bakti sosial dengan tajuk Mitra  Sejati Tour and Travel Peduli yang akan disiarkan juga oleh televisi lokal dan nasional. Sementara Bambang Guritno memberikan masukan untuk membuat promo dengan melakukan paket acara promo terbuka di media televisi nasional dengan memasukkan company profile di acara televisi tersebut. Bagus Kuncoro selaku staff  marketing juga sudah memrogramkan konsep acara tersebut dan memberikan masukan untuk segera melakukan lobi dan pendekatan dengan beberaba stasiun televisi swasta nasional dan beberapa sponsorship.

Selanjutnya bapak Dewa Brata memerintahkan kepada semua manager marketing untuk segera menindaklanjuti program yang sudah direncanakan terutama untuk promosi melalui media televisi swasta nasional dan beberapa event organiser  yang mempunyai banyak sponsor pendukung. Untuk masalah dana promosi  tersebut bugetnya masih mencukupi dan meminta kepada bendahara untuk segera merealisasikan untuk kegiatan promo tersebut. Rapat ditutup pada pukul 11.00 WIB.



Soal :
1 susunlah notulen rapat dengan format yang tepat
2. buatlah kesimpulan rapat di notulen tersebut berdasarkan materi di atas.



1 komentar: