STUDI KASUS MATERI PRAKTEK NOTULEN RAPAT
Anda sebagai staff administrasi pada perusahaan PT Mitra Sejati Tour and Travel bergerak dibidang biro perjalanan, Beralamat di Jl. Pandanaran no
311, Semarang,
Telp (024) 811151, fax (0271) 811152, email : sabatour@gmail.com
pimpinan perusahaan Bapak Bima
Wicaksono, SE.,MM. Salah satu tugas anda adalah membuat
notulen rapat disetiap ada rapat dengan pimpinan anda. Berikut adalah materi rapat :
Rapat bulanan tentang marketing PT Saba Raya Tour and Travel
Rapat diselenggarakan pada hari Sabtu , 18 Mei 2011, di
R. Rapat , Jam 8.00 WIB dengan dihadiri
oleh
- Bp Bima Wicaksono, SE.,MM
- Sdr Bambang Guritno ( Manajer Marketing area Indonesia Bagian Barat)
- Sdr Guntur Wicaksono ( Manager marketing area Indodesia Bagian Tengah dan Timur
- Sdri Intan Laksita ( Manager marketing Lintas Negara)
- Sdri Monica (Bendahara Perusahaan)
- staf marketing masing-masing Deonita dan Bagus Kuncoro dan anda sendiri sebagai notulis
Agenda Rapat :
- Laporan Masing-masing manager area
- Pengembangan Metode pemasaran produk jasa wisata
- Lain-lain
Rapat dibuka oleh
pimpinan Bp Bima Wicaksono, SE.,MM intinya mengucapkan terimakasih atas kehadiran para
peserta dan menyampaikan tentang tujuan diadakannya rapat marketing pada hari
tersebut
Selanjutnya Bapak Bima Wicaksono menyampaikan pandangan
umum tentang kemajuan dunia industri pariwisata yang tidak lepas dari kiprah
bidang usaha jasa tour and travel,
seiring dengan kemajuan dibidang industri pariwisata, Saba Raya Tour and travel
berencaana untuk mengembangkan cabang-cabang baru dibeberapa kota wisata di
Indonesia dan menjajagi untuk membuka kerjasama dengan beberapa negara di Asia
dan Eropa. Bp Bima Wicaksno juga menyampaikan bahwa dari hasil lawatannya ke
Bali beberapa hari yang lalu untuk melakukan kerjasama dan penandatangan MOU
dengan beberapa klien di Bali dan Lombok
mendapatkan respon yang positif, untuk itu rencana kedepan akan segera
melakukan promo wisata. Pada kesempatan
rapat kali ini Bapak Bima Wicaksono menekankan untuk segera membentuk tim
marketing dan metode untuk promo wista tersebut terutama untuk menghadapi masa
liburan bulan juni sampai juli dan liburan akhir tahun.
Guntur Wicaksono selaku marketing di wilayah Indonesia
bagian tengah dan timur melaporkan bahwa animo masyarakat untuk menggunakan
jasa tour and travel Saba Raya semakin
meningkat terutama untu paket liburan sekolah. Hal ini bisa dilihat dari
database marketing bahwa sudah ada 175 sekolah tingkat SMP dan SMK , serta
untuk wisatawan domestik dan asing juga semakin meningkat dari 15 % meningkat
menjadi 25 % wisatawan yang menggunakan jasa wisata Saba Raya.
Bambang Wicaksono selaku manager area Indonesia bagian
barat juga melaporkan perkembangan yang cukup significant dengan animo
masyarakat khususnya untuk paket wisata
liburan sekolah dan paket liburan keluarga yang
juga meningkat hampir 30 % dibandingkan tahun sebelumnya, hal ini
disebabkan karena kebutuhan masyarakat untuk berwisata juga semakin meningkat.
Sementara Intan Laksita selaku manager marketing lintas
negara juga melaporkan kondisi wisatawan indonesia yang mulai meminati wisata ke luar negeri semakin
meningkat tajam dengan adanya promo-promo dari jasa penerbangan sehingga sangat
mendukung untuk melakukan perjalanan wisata ke luar negeri terutama ke negara
Singapura, Malaysia,Australia, dan Cina.
Pada kesempatan tersebut Bapak Bima Wicaksono meminta
kepada masing-masing manager marketing untuk memberikan rencana kerja terutama
berkaitan dengan pengembangan promo
wisata tour and travel Mitra Sejati.
Monica selaku bendahara melaporkan kondisi anggaran untuk marketing
tahun 2011 masih sekitar 65 % untuk digunakan sebagi kelanjutan dari promosi di
awal tahun kemarin.
Guntur Wicaksono menyampaikan bahwa dia beserta
staff marketingnya akan melakukan promo
wisata bekerjasama dengan beberapa event organiser yang menyelenggarakan
program MICE di beberapa tempat di Bali, Lombok, Maluku, Makasar dan Papua.
Deonita sebagai staff marketing
Juga menyampaikan bahwa dia juga telah memrogramkan acara promo dengan acara bakti sosial dengan
tajuk Mitra Sejati Tour and Travel
Peduli yang akan disiarkan juga oleh televisi lokal dan nasional. Sementara
Bambang Guritno memberikan masukan untuk membuat promo dengan melakukan paket
acara promo terbuka di media televisi nasional dengan memasukkan company
profile di acara televisi tersebut. Bagus Kuncoro selaku staff marketing juga sudah memrogramkan konsep
acara tersebut dan memberikan masukan untuk segera melakukan lobi dan
pendekatan dengan beberaba stasiun televisi swasta nasional dan beberapa
sponsorship.
Selanjutnya bapak Dewa Brata memerintahkan kepada semua
manager marketing untuk segera menindaklanjuti program yang sudah direncanakan
terutama untuk promosi melalui media televisi swasta nasional dan beberapa
event organiser yang mempunyai banyak
sponsor pendukung. Untuk masalah dana promosi
tersebut bugetnya masih mencukupi dan meminta kepada bendahara untuk
segera merealisasikan untuk kegiatan promo tersebut. Rapat ditutup pada pukul
11.00 WIB.
Soal :
1 susunlah
notulen rapat dengan format yang tepat
2. buatlah
kesimpulan rapat di notulen tersebut berdasarkan materi di atas.
SANGAT MEMBANTU SEKALI, TERIMA KASIH >.<
BalasHapus